Cara Menghubungkan Domain ke VPS/Setting DNS Domain ke VPS

Table of Contents

Tutorial kali ini masih berhubungan dengan domain dan VPS yang mana cara menghubungkan domain ke VPS atau setting (mengatur) DNS domain ke vps, juga sering disebut dengan pointing domain to vps. Mungkin banyak yang masih awam dengan vps karena pada dasarnya beda dengan hosting (shared hosting) dimana bisa di ibaratkan Virtual Private Server (VPS) ini sebuah tempat penyimpanan data website yang dikelola secara mandiri atau personal (private). Pengguna bisa mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada di VPS serta Operasi Sistem juga bebas mau menggunakan apa.

Hanya saja kekurangannya yaitu panel tidak ada terinstal, os juga masih kosong. Maka dari itulah pengguna vps tidak dianjurkan bagi pemula. Walau demikian tidak menutup kemungkinan anda untuk mencobanya apalagi saya sudah pernah membahas Cara Mudah Install AApanel di VPS (Vultr), pada artikel tersebut sudah saya jabarkan secara detail bagaimana cara instal panel pada vps.

Sedangkan pada hosting, sebuah tempat penyimpanan data website yang dipakai secara bersamaan oleh orang lain, yang dibagi atau disewakan secara bersamaan oleh penyedia layanan hosting. Keuntungannya yaitu cpanel sudah disediakan oleh pihak penyedia hosting, serta nameserver juga sudah ditentukan, sehingga bisa langsung add domain dan install wordpress atau cms lainnya.

Biasanya anda menghubungkan domain ke hosting menggunakan nameserver, kali ini kita akan mencoba menghubungkan domain melalui DNS ke VPS, sama mudahnya.

Baik, untuk memulai langkah menghubungkan domain, saya harap anda sudah membeli domain dan VPS agar langsung bisa dipraktekan cara nya.

Cara Menghubungkan Domain ke VPS

Saya sudah memiliki domain yang saya beli di penyedia layanan domain yaitu rumahweb, disana juga menyediakan hosting dan vps yang bisa anda sewa. Jadi tutorial kali ini saya pakai layanan hosting dari rumahweb sebagai bahan praktek.

Semua akun layanan jasa hosting sama saja cara untuk menghubungkan domainnya asalkan memiliki menu DNS Management bisa dilakukan.

Pertama silahkan login ke akun domain anda.

Lalu pergi kemenu Manage domain> klik DNS Management.

Cara Menghubungkan Domain ke VPS

Setelah itu klik tombol Add New Record.

Lalu isi kolom dns nya, perhatikan gambar dibawah, untuk kolom pertama kosongkan saja, TTL biarkan default, record type pilih type A, pada IP or Hostname isi IP VPS anda yang terdapat pada akun vps anda, lalu klik add record.

Selanjutnya tambah lagi Add new record baru, lalu perhatikan gambar dibawah, pada kotak domain (1) isi www, pada TTL biarkan default, pada record type (2) pilih type CNAME, pada hostname (3) isikan nama domain anda lalu klik add record.

Klik tombol update untuk melakukan perubahan. Tombol update hanya ada jika anda menggunakan layanan rumahweb, kalau di layanan lain biasanya sudah langsung tersimpan jika sudah melakukan add record.

Jika sudah di setting dengan benar DNS nya maka tunggu beberapa menit, jika sudah lewat beberapa menit, silahkan lakukan penginstalan wordpress di vps anda, maka situs anda akan berhasil terinstal di vps.

Bagikan:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Artikel Terkait
No more posts to show

Leave a Comment

Dapatkan Info Hosting Terbaik Disini!